tips dan trik cara pencarian di google


Google merupakan Mesin pencari atau search engine terbesar di dunia internet, google paling di minati banyak orang karena sistem pencariannya mungkin lebih baik dari mesin pencaari yang lain, selain itu mesin pencari google lebih terlihat simple tapi mengairahkan. D:, itu terbukti dari halaman utama google yang di dalamnya Cuma berisi search engine, jadi untuk orang yang sangat awam sekali pun atau bahkan orang baru pertama menggunakan internet bisa tahu kalu disitu tempat meletakkan keyword.

Ok kita langsung saja sebenarnya google itu sudah cukup baik dalam melakukan pencarian tapi kalau kita hanya meletakkan keyword saja tentu pencariannya pun akan lebih umum dia akan menampilkan semua jenis file yang penting terkait dengan keyword tersebut. Untuk itu kita membahas tips dan trik ini supaya pencarian yang di lakukan search engine lebih spesifik dan kita akan lebih cepat menemukan apa yang kita inginkan.
Secara umum, jenis pencarian di Google ada dua: Basic Search dan Advanced Search. Basic Search adalah fitur pencarian yang sudah biasa kita gunakan yaitu ketika mengakses langsung google.com. Sedangkan Advanced Search menyediakan berbagai pilihan fitur pencarian baik untuk operator dasar, file format yang ingin kita cari, bahasa, region, dsb.
Jadi artikel ini membahas bagai mana cara mengoptimalkan dengan cara menambah Query ke dalam Basic search, Inilah rahasianya yang di kutip dari berbagai sumber.

FITUR PENCARIAN DASAR

1. AND: Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang dicari. Bisa menggunakan salah satu dari tiga alternatif berikut:
ukiran jepara
ukiran AND jepara
ukiran+jepara

2. OR: Mencari informasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. Bisa menggunakan salah satu dari dua alternatif berikut:
tahu OR tempe
tahu | tempe

3. FRASE: Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda “”. Contoh:
“perangkat lunak”

4. NOT: Hasil pencarian mengandung kata yang di depan, tapi tidak yang dibelakang minus (-). Contoh di bawah akan mencari informasi yang mengandung kata ikan tapi bukan bandeng.
ikan -bandeng

5. SINONIM (~): Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya. Contoh di bawah akan membawa hasil pencarian: kendaraan (car) dan sinonim-sinonimnya.
~car

6. ASTERIK (*): Karakter pengganti kata. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: ayam bakar pedas, ayam goreng pedas, ayam masak pedas, dsb
ayam * pedas

7. TANDA TITIK (.): Karakter pengganti huruf, angka dan karakter tunggal. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: kopi, koki, kodi, dsb

ko.i

8. CASE INSENSITIVE: Pencarian di Google menganggap kapital dan bukan kapital sebagai sesuatu yang sama. Jadi, romi satria wahono, Romi Satria Wahono, atau RoMi SaTrIA waHoNo akan membawa hasil pencarian yang sama

9. PENGABAIAN KATA: Google mengabaikan keyword berupa karakter tunggal dan kata-kata berikut: a, about, an, and, are, as, at, b, by, from, how, i , in, is, it, of, on, or, that, the, this, to, we, what, when, where, which, with. Apabila kita masih tetap menginginkan pencarian kata tersebut, bisa dengan menggunakan karakter + di depan kata yang dicari (contoh: Star Wars Episode +I), atau bisa juga dengan menganggapnya sebagai frase (contoh: “Star Wars Episode I”)

10. I’M FEELING LUCKY: Akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama dari query kita

FITUR PENCARIAN LANJUT

1. DEFINE: Mencari definisi dari sebuah terminologi. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat adalah berbagai definisi tentang e-learning dari berbagai sumber
define:e-learning

2. CACHE: Menampilkan situs web yang telah diindeks oleh Google meskipun sudah tidak aktif lagi. Contoh di bawah akan menghasilkan pencarian kata php pada situs ilmukomputer.com yang ada di indeks Google.
cache:indoinfocom.blogspot.com php

3. LINK: Menampilkan daftar link yang mengarah ke sebuah situs. Contoh di bawah akan menampilkan daftar link yang mengarah ke situs ilmukomputer.com
link:indoinfocom.blogspot.com

4. RELATED: Menampilkan daftar situs yang serupa, mirip atau memiliki hubungan dengan suatu situs
related:indoinfocom.blogspot.com

5. INFO: Menampilkan informasi yang Google ketahui tentang sebuah situs
info:tutorialto.blogspot.com

6. SITE: Menampilkan pencarian khusus di suatu situs yang ditunjuk
java site:tutorialto.blogspot.com

7. FILETYPE: Menampilkan hasil pencarian berupa suatu jenis (ekstensi) file tertentu. Jenis file yang bisa dicari adalah: doc, xls, rtf, swf, ps, lwp, wri, ppt, pdf, mdb, txt, dsb. Contoh di bawah akan menampilkan hasil pencarian berupa file PDF yang mengandung keyword software engineering
software engineering filetype:pdf

8. ALLINTITLE: Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title java programming. allintitle ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan intitle untuk keperluan itu.
allintitle:java programming

9. INTITLE: Menampilkan satu kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title java dan isi halaman yang mengandung kata enterprise
intitle:java enterprise

10. ALLINURL: Menampilkan seluruh kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata java dan programming. allinurl ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan inurl untuk keperluan itu.
allinurl:java programming

11. INURL: Menampilkan satu kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata java dan isi halaman yang mengandung kata enterprise
inurl:java enterprise

Pencarian yang kita lakukan akan semakin efektif apabila kita mencoba menggabungkan beberapa operator baik yang ada di fitur pencarian dasar maupun lanjut. Misalnya, kita ingin mencari file-file PDF yang ada di situs http://www.pdii.lipi.go.id/. Maka kita gabungkan dua operator menjadi:
filetype:pdf site:www.pdii.lipi.go.id

tutorial

 

dapatkan informasi bisnis di sini ataudisini
dengan bermain internet saja kita bisa dapat puluhan juta denganbisnis

internet, sekarang bisnis online tidak lebih bagus dari bisnisonline
karena telah banyak yang terbukti denganpenghasilan
bahkan lebih besar dari bisnis offline
akan tetapi saya juga pemula dalam bisnis
ini tidak banyak yang saya tahu untuk informasi
yang lebih banyak mengenai cara kerja
lewat internet ini anda bisa mendapatkannya di search engine
masukkan kata kunci keyword
yang relefan sesuai dengan bisnis yang anda cari disini

untuk sekedar informasi jika anda ingin belajarseo
disini gratis tanpa bayar dan tanpa daftar
saya akan menjawab semua pertanyaan anda mengenaippc
atau disebut juga denganpay per click
mengenai paid survey
oya bisnis bisnis di internet itu antara lainpay per klik
paid review
pay per post
paid survey
pay read mail
dan masih banyak lagi yang lainnya namun saya lebih sukappc
karena kerjanya lebih ringan dan mengasikkaninformasi indonesia

dapatkan informasi terbaru indonesia disini site yang mengelalola informasi tentang komputer dan informasi indonesia

support saya di tukang nggame

support saya di tukang nggame

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: