wisata makassar

Banyak cara dilakukan untuk mengisi waktu luang di akhir pekan. Namun, tak ada yang lebih menyenangkan selain berwisata ke bagian timur Indonesia, tepatnya ke Kota Makassar. Di kota ini banyak objek wisata yang berkembang lebih maju dibanding objek-objek wisata lain yang ada di Sulawesi Selatan. Tak heran, banyak turis asing maupun domestik berkunjung ke sana, karena kawasan wisata tersebut memiliki daya tarik tersendiri.

Mengunjungi Makassar rasanya tak lengkap jika belum singgah ke beberapa tempat yang sangat menarik, Salah satunya Fort Rotterdam. Kawasan ini berada tepat di jantung Kota Makassar.

Situs benteng yang dibangun pada masa Kolonial Belanda (VOC) ini, merupakan salah satu dari puluhan pertahanan dalam pantai Makassar yang terbentang dari Barombong hingga ke Tallo. Benteng ini juga dikenal dengan sebutan Benteng Ujung Pandang.

Selain Benteng Ujung Pandang, saksi sejarah lainnya adalah Benteng Somba Opu. Bangunan berupa tembok besar ini dibangun mengelilingi kompleks Kerajaan Gowa pada abad XV oleh Raja Gowa X Tunipallangga, yang memerintah antara 1548 dan 1566. Benteng Somba Opu berbentuk persegi empat dengan dinding setebal 12 kaki. Puing-puing tembok benteng yang selesai diekskavasi dan direkonstruksi pada 1990 kini menjadi Open Air Museum.

Pelabuhan Potere menjadi andalan Makassar sebagai objek wisata bahari. Tempat ini sangat spesial karena menjadi pelabuhan tradisional asli yang telah bertahan selama berabad-abad. Pelabuhan yang dibangun sejak abad XIV ini masih beroperasi hingga kini.

Dari Potere, wisatawan bisa mengunjungi Pulau Kayangan, sekitar 800 meter dari Kota Makassar. Pulau Kayangan adalah sebuah pulau kecil berpasir putih seluas satu hektar. Pulau ini menawarkan beberapa fasilitas seperti tempat penginapan, restoran, gedung serba guna, tempat bermain bagi anak-anak, anjungan memancing, hingga panorama matahari terbenam. Dengan menempuh perjalan laut selama 15 menit, cukup membayar Rp 25 ribu.

Di Pantai Losari, wisatawan bisa menikmati ikan segar atau jajanan khas Makassar
Ikan sunu (sejenis ikan kerapu) menjadi primadona. Daging ikan ini terasa lebih enak jika dihidangkan dengan cara digoreng. Bahkan, nikmatnya rasa cumi-cumi pun layak dicicipi. Bandeng atau ikan bolu bakar nikmat disantap dengan sambal mangga dan kacang yang beraroma khas. Selain itu, di Pantai Losari ada pisang epek. Hidangan ini adalah pisang bakar yang dipipihkan lantas disuguhkan dengan taburan gula aren dan sedikit aroma durian. Untuk menambah kelezatan, pisang epek juga dihiasi serutan keju.

Kota Makassar merupakan surga bagi para wisatawan. Objek wisata yang ditawarkan semakin menegaskan “Kota Daeng” sebagai kota wisata yang bisa memanjakan diri wisatawan dengan keindahan alam dan jajanan khasnya. (sz/liputan6)
sumber: wisatanet.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: