LAN dengan PHP Script

Beberapa waktu yang lalu saya pernah ditanya sama sepupu saya tentang bagaimana cara menghidupkan computer dari Jaringan. Saya jelaskan bahwa saya pernah melihat sekilas di setting BIOS bahwa ada fitur Wake-on-LAN (yang terus terang saya sendiri belum pernah mencobanya). Dan seperti yang saya duga, sepupu saya yang aneh dan BF (Bujang Forever) itu kurang puas dengan jawaban saya. Sori Bro :). Maklum sekarang udah ndak banyak bergaul dengan komputer lagi.

Nah kebetulan sekali saat browsing seolah-olah menjawab pertanyaan itu, saya menemukan sebuah artikel untuk membuat PHP Script yang tugasnya membangunkan computer kita melalui LAN. Ok, ini artikelnya siapa tau kamu pengen nyoba.

Buat kamu yang sering ngoprek BIOS/CMOS setting pasti udah ndak asing lagi dengan cara melakukannya. Nah buat kamu yang belum familiar, akses ke BIOS computer ini biasanya dilakukan saat booting dengan menekan tombol F1, F2 atau Delete. Ingat kamu harus menekan tombol itu sebelum operating system mulai jalan.

Mungkin kamu yang udah sering ngoprek BIOS hapal dengan semua setting yang ada di BIOS, nah khusus yang satu ini Wake-on-LAN kayaknya belum banyak yang tahu fungsinya. Fungsi Wake-on-LAN ini akan membuat komputer untuk booting berdasarkan perintah khusus yang dikirim melalui jaringan dan diterima di Card Network kita. Keren kan ?

read more

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: