Hipertransport Pipeline

90 nm
Proses fabrikasi 90 nm menunjukkan kepada besarnya chip 90 nm adalah satu efek logikal dari hukum moore dimana standar sebelumnya adalah 130 nm dan berikutnya adalah 65 nm. Semakin kecil proses fabrikasi, maka circuit yag bissa di tanamkan kedalam chip akan semakin banyak dan semaki cepat melalui gerbang processor yang sempit. Semakin sempit gerbangnya, maka prosesor on off akan semakin cepat. Proses fabrikasi 90 nm banyak di gunakan daam large scale integration, manufaktur semikonduktor dan fabrikasi.

Hipertransport
Dulu di kenal sebagai lighting data transport, adalah bus pad komputer dengan bandwidth tinggi, letensi rendah, dua arah serial/paralel. Teknologi ini di gunakan oleh AMD, Transmeta, NVIDIA, dan lain-lain. Hipertransport berjalan pada 200-1400 Mhz dan bekerja secara ganda seperti DDR, yang artinya bisa mengirimkan data saat clock naik atau turun. Karna ganda maka data rate yang dihasilkan bisa mencapai 2800 2800 Mtransfer/s.

Pipeline
Dalam video card, pipeline terdiri dari beberapa macam unit aritmatika yang akan mengimplementasikan beberapa tingkat operasi redering seperti kalkulasi cahaya, redering dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: