Teknik seo

Apa itu Sitemap ?

Sitemap bisa dikatakan peta website anda, menurut definisi paman google disini, jenis sitemap dibagi menjadi dia bagian yaitu:

  • General HTML sitemap, peta situs web jenis ini beruapa satu atau beberapa halaman web yang berisi semua link-link yang ada pada situs web anda. Peta situs jenis ini membantu pengunjung menemukan halaman-halaman yang mereka cari.
  • Peta situs XML, adalah sekumpulan data mengenai daftar link yang ada pada situs anda meliputi URL, prioritas, seberapa sering anda mengupdate nya dan beberapa informasi lainnya.

Dengan mengirimkan peta situs (sitemap) anda kepada Search Engine akan membantu kemunculan website anda pada search engine tersebut. Mengapa ? pada saat normal crawling search engine menerapkan beberapa macam parameter misalnya kedalaman (depth), batas waktu (timeout), seberapa penting halaman web anda (importance) dengan algoritma yang komplek.

Jadi bisa dipastikan dengan crawling normal tidak mungkin bagi search engine menelusuri satu demi satu link yang ada di website anda, karena akan sangat memakan waktu dan resource yang besar. Apalagi apabila situs web anda sangat besar / banyak. Apalagi apabila situs anda banyak mengandung AJAX atau Flash. Mengapa demikian ? Search engine hanya mengenali teks, bukan teks-teks yang berupa image seperti pada animasi Flash.

Terus bagaimana membuat XML sitemap untuk website anda ? saya akan ulas bagaimana cara membangkitkan Sitemap pada blog dan situs-situs web lainya pada artikel berikutnya.

SEO – Anchor Text

Anchor Text adalah text yang berada di antara html tag dan , fungsinya sangat vital dalam Search Engine Optimization (SEO). Anda bisa mengontrol penampakan website anda di Search Engine Result Page (SERP) melalui anchor text saat melakukan link building. Contoh anchor text:

Find Property – Real Estate Agent in Bali

Pada contoh di atas saya ingin mencoba mengarahkan search engine untuk menemukan http://balirealestatesonline.com ketika ada pengunjung yang mencari keyword bali real estate, find property in bali, atau real estate agent in bali. Saat melakukan link building saya berusaha untuk menggunakan anchor text di atas sebanyak mungkin. Semakin banyak anda menggunakan anchor text dengan keyword tertentu maka semakin besar kemungkinan website anda berada di halaman terdepan sebuah search engine. Atau minimal website anda akan mudah ditemukan orang lain melalui search engine dengan term pencarian sesuai keyword yang anda tentukan.

Terus bagaimana cara memanfaatkan anchor text semaksimal mungkin. Ada beberapa cara yang sudah pernah saya coba dan cukup berhasil.

  1. Tentukan dulu target term keyword pencarian melalui search engine yang anda harapkan dari pengunjung. Sebagai contoh jika website anda adalah toko roti. Tentunya penggunaan anchor text toko roti akan sangat membantu kampanye anda. Anda bisa melakukan variasi misalnya toko roti enak, toko roti lezat, toko roti murah dan lain sebagainya.
  2. Faktor yang cukup memegang peranan adalah seberapa banyak kompetitor anda untuk search term yang anda tentukan. Mungkin anda pernah melihat pada situs Google Results 1 – 10 of about 209,000 for toko roti. Ini mengindikasikan persaingan untuk keyword tersebut adalah 209.000. Apabila kompetitor anda cukup besar tentunya akan lebih sulit memenangkan persaingan, anda bisa menambahkan keyword misalnya menjadi toko roti surabaya, sekarang google menemukan 69.000 result untuk pencarian yang penting keyword yang anda tambahkan tetap relevan dengan target anda.
  3. Lakukan link exchange melalui situs semacam LinkMetro, Link2Me, atau exchange secara langsung dengan pemilik web. Gunakan juga saat anda mendaftarkan web anda pada web direktori.
  4. Lakukan rotasi anchor text untuk memperkaya target pencarian secara periodik. Misalnya bulan pertama anda menggunakan anchor text: toko roti enak, bulan kedua: toko roti lezat, bulan ketiga: toko roti murah dan seterusnya. Dengan demikian kemungkinan website anda ditemukan di search engine dengan keyword di atas semakin tinggi.
  5. Lakukan link building secara konstan dan natural jadi anda tidak dianggap sedang melakukan spamming keyword.

Keyword Suggestion Tools

Bagi anda yang sering bermain dengan adsense, bidvertiser, domain parking dan sejenisnya, menentukan keyword content website sangatlah penting. Tidak tepat dalam menentukan keyword akan berimbas kepada penghasilan yang mungkin anda terima. Secara garis besar ada dua macam tipe penentuan keyword, anda bisa memilih salah satu metode bergantung target apa yang ingin anda capai.

High Traffic Keyword
High traffic keyword adalah kata-kata kunci yang paling sering dicari oleh pengunjung. Dengan kata lain kata-kata tersebut memiliki volume search yang tinggi baik pada search engine atau linking web lainnya. Contoh kata kunci yang sangat banyak dicari pengunjung adalah kata kunci yang berhubungan dengan adult atau dewasa seperti: sex, nude, penis enlargment, breast enlargment, bugil, telanjang dan sebagainya.

Untuk mengetahui seberapa besar traffic sebuah kata kunci anda bisa memanfaatkan tools gratis dari Overture, http://inventory.overture.com Selain traffic anda bisa melihat seberapa banyak sebuah kata kunci dicari di search engine (Yahoo), anda juga bisa menemukan kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang sedang anda cari. Mungkin karena gratisan, data-data yang tersaji di website tersebut kurang akurat karena traffic yang disajikan adalah traffic per Januari 2007. Tapi untuk permulaan atau alat bantu mencari kata kunci yang berkaitan cukup lumayan.

High Paying Keyword – HPK
Seperti sub judulnya, kata kunci jenis ini bernilai tinggi alias akan menghasilkan banyak uang apabila anda memasangnya pada parking domain atau advertising model adsense dan sejenisnya. Contoh kata kunci HPK antara lain: mortgage, insurance, loan, credit, property dan lain sebagainya.

Saya biasa memakai tools dari google adwords https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal caranya setelah memasukkan kata kunci yang dicari, tampilkan semua kolom yang ada termasuk kolom posisi advertising. Kemudian masukkan nilai bid dengan nilai yang cukup besar misal 50 USD. Tinggal kita lihat posisi kata kunci yang kita masukkan ada pada ranking berapa. Semakin kecil nilai rankingnya (1-3) berarti kata kunci tersebut memiliki HPK yang tinggi dibandingkan dengan lainnya.

Selamat mencoba !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: